PERAN ORIENTASI PEMASARAN, WAWASAN PEBISNIS DAN STRATEGI BISNIS DALAM MEMODERNISASI KEUNGGULAN BERSAING UKM KOTA MAKASSAR

Nurfaisah Nurfaisah, safria syarifuddin, Rifqiansayah Rifqiansayah

Abstract


Peran Orientasi Pemasaran, Wawasan Pebisnis Dan Strategi Bisnis Dalam Dalam Memodernisasi
Keunggulan Bersaing UKM Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis Peran
Orientasi Pemasaran, Wawasan Pebisnis Dan Strategi Bisnis Dalam Memodernisasi Keunggulan Bersaing
UKM Kota Makassar Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada
94 Pegawai. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi liner
sederhana, uji f (parsial) serta uji t (parsial). Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa orieantasi
pemasar berpengaruh siginifikan dalam keunggulan Bersaing UKM(X1). wawasan bisnis berpengaruh
dalam keunggulan Bersaing UKM(X2) dan strategi bisnis berpengaruh dalam keunggulan Bersaing
UKM(X3) Jadi dapat diartikan bahwa Orientasi Pemasaran, Wawasan Pebisnis Dan Strategi Bisnis
berpengaruh Dalam Dalam Memodernisasi Keunggulan Bersaing UKM

Keywords


Orientasi Pemasaran; Wawasan Pebisnis; Strategi Bisnis UKM

References


Daftar Pustaka

Akimova, Irina, 1999, “Development of Market Orientation and Competitiveness of Ukrainian Firm”, Journal of Merketing.

Ali Hasan (2008), Marketing, Yogyakarta, media Pressindo

Anoraga, Pandji, 2009, Manajemen Bisnis, Edisi Kedua, Rineka Cipta, Jakarta

Arief Rahmana. 2009. Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya

Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) Yogyakarta, 20 Juni 2009. ISSN: 1907-5022

Bank Indonesia. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKMM) Jakarta: Bank Indonesia.

Bestari, Winda Ayu. 2013. Penerimaan Masa lalu Terhadap InsomniaPada Lansia. Malang: Fakultas

Bharadwaj, Sundar G., Varadarajan, P Rajan, dan Fahy, John, 1993, “Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Proposition”, Journal of Marketing, October, Vol.57, Iss. 4, pg. 83, 17 pgs

David, Fred R. Dan Forest R. David. 2015. “Manajemen Strategik”. Jakarta: Salemba Empat

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta dkk, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:

Fandy Tjiptono, dkk, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Ferdinand, Augusty. (2000). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafsah, M. Jafar. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Infokop Nomor 25 Tahun 2004.

Hendro, 2011. Dasar - Dasar Kewirausahaan, Erlangga, Jakarta

https://cerdasco.com/orientasi-manajemen-pemasaran/

https://visecoach.com/articles/read/5-tips-memiliki-wawasan-bisnis-pengusaha

https://www.kajianpustaka.com/2020/06/orientasi-pasar-marketorientation.html?m=1#:~:text=Orientasi%20pasar%20(market%20orientation)%20adalah,yaitu%20fokus%20pada%20kepuasan%20konsumen




DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i2.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.