Perspektif Gender : Pendekatan Literasi, Inklusi, dan Teknologi Keuangan
Abstract
Pengeluaran keuangan yang tinggi dan kurang bermanfaat bagi masa depan dapat terjadi jika tidak diimbangi dengan pemahaman serta keterampilan yang baik dalam pengelolaan keuangan. Oleh karena itu, setiap individu perlu memiliki pengetahuan dalam mengatur dan mengelola keuangan guna mencapai kesejahteraan finansial Dalam konteks lembaga keuangan, tingkat literasi keuangan, inklusi keuangan serta penggunaan teknologi keuangan mahasiswa belum tentu sama antara laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat literasi keuangan, inklusi keuangan dan teknolog keuangan pada mahasiswa di kota Makassar, berdasarkan gender.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ada atau tidaknya perbedaan literasi keuangan, inklusi keuangan dan teknologi keuangan dari perspektif gender di kalangan mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari minimal 120 responden yang merupakan mahasiswa di kota Makassar.Untuk menjawab permasalahan penelitian, dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis komparatif melalui uji beda rata-rata (uji T). Uji ini digunakan untuk menentukan apakah terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat literasi keuangan inklusi keuangan dan teknologi keuangan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat literasi keuangan, inklusi keuangan dan teknologi keuangan berdasarkan gender di kalangan mahasiswa kota Makassar
Kata Kunci: Gender; Literasi Keuangan; Inklusi Keuangan; Teknologi Keuangan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, R. P., & Armansyah, R. F. (2023). Perilaku Keuangan Generasi Z Berdasarkan Literasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 107–124.
Amidžić, G., Massara, A., & Mialou, A. (2021). Assessing Countries’ Financial Inclusion Standing: A New Composite Index. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2407529
Alna, Akmal, Faizah Binti Awad, Muh Ikhsan, and Fatira Wahidah. 2022. “Analisis Makna Gender Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Gunung Djati Conference Series 8: 1–11.
Fajrussalam, Hisny, Kana Febriani, Muslimah Apriliya, Natasya Febriana, and Rayi Safitri. 2023. “Kesetaraan Gender Dalam Pandangan Musdah Mulia.” Pendidikan Dan Konseling 5 (2): 5511–19.
Hidayat, A. (2021). Analisis Perbedaan Financial Literacy berdasarkan Perspektif Gender (Studi Kasus pada Nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk. Cabang Parepare). YUME: Journal of Management, 4(3), 541–550. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.454
Hidayat, Syahrijal. 2020. “Literasi Keuangan Untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi.” Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 1 (2): 130–33. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/ekuitas/article/view/115.
Kirana A & Uluputty N, 2023.Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dalam Penggunaan
Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Cafe Kopi Api Makassar. Jurnal Mirai Management, 256 - 267.
Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6042
Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.31294/moneter.v8i1.9903
Nugroho, A., & Purwanti, E. Y. (2018). Determinan Inklusi Keuangan Di Indonesia (Global Findex 2014). Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), 1. https://doi.org/10.14710/jdep.1.1.1-13
Perkasa, Didin Hikmah, Setiyo Purwanto, Meiliyah Ariani, Nur Vitriani, and Ryani Dhyan Parashakti. 2024. “Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat.” ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 7 (1): 109–16. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3696.
Ram, A. (2023). Understanding FinTech Gender Gap: A Survey on Financial Literacy, Inclusion and FinTech Use. Open Journal of Business and Management, 11(06), 3518–3538. https://doi.org/10.4236/ojbm.2023.116192
Saputri, Wulan Andriyani, and Dian Anggraeni Maharbid. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Financial Literacy Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8 (2): 1019–28. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7215.
Soraya, Elly, and Anis Lutfiati. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan.” Kinerja 2 (02): 111–34. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i01.966.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, Riski Sulistiarini. 2019. “Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran A.” Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, no. April: 5–24.
Wijayanti, G. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, Ipk, Dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. 09.
Yulfiswandi, Noviany, I. M., Jongestu, J. C., Keven, Sari, M. I., & Eliya, S. (2022). Pentingnya Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan di Usia Muda untuk Masa Mendatang. YUME: Journal of Management, 5(2), 569–579. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4456
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330
Youla Diknasita Gahagho, Tri Oldy Rotinsulu, and Dennij Mandeij. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan Sikap Keuangan Dan Sumber Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal EMBA 9 (1): 543–55.
Yuwono, Wisnu. 2020. “Konseptualisasi Peran Strategis Dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak Melalui Pendekatan Systematic Review.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1419–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663
DOI: https://doi.org/10.61141/pabean.v7i2.724
Refbacks
- There are currently no refbacks.