RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA ROTARI JENIS RODA GIGI

Penulis

  • Arwaiz Qarni Politeknik Bosowa
  • Andi Muhammad Afrizal Politeknik Bosowa
  • Muhammad Syahlal Syam Politeknik Bosowa
  • Akbar Naro Parawangsa Politeknik Bosowa
  • Muhammad Ali Chandra Politeknik Bosowa

Abstrak

Media pembelajaran pompa rotari jenis roda gigi adalah sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari proses kerja pompa rotari jenis roda gigi saat mengalirkan fluida jenis cairan dari wadah satu ke wadah yang lain melalui saluran tertutup atau perpipaan serta media pembelajaran ini juga dilengkapi dengan alat pengukur debit dan tekanan. Media pembelajaran ini bertujuan untuk melihat perbedaan kinerja dari pompa rotari jenis roda gigi yang memiliki kapasitas 8 cc dan 14 cc dengan melakukan pengukuran debit dan tekanan yang dihasilkan pada masing-masing pompa, metode penelitian yang digunakan adalah instalasi rancang bangun media pembelajaran pompa rotary jenis roda gigi dengan kapasitas pompa yang digunakan 8 cc dan 14 cc, hasil data dari pompa dengan kapasitas 8 cc dengan kecepatan 1,13 (m/s), sedangkan kecepatan dari pompa 14 cc yaitu 1,86 (m/s).

Referensi

Agus Setyo Umartono, Ahmad Ali Fikri, 2016.”Analisis Penurunan

Kapasitas Pompa Natrium Hidroksida (NaOH) Dengan Kapasitas

Agung Pambudi, 2010.”Pembuatan Alat Praktikum Perawatan

Pompa Gear”. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Abdul Wahid Arrohman, dkk,.2015.”Pompa Roda Gigi Dalam

(Internal Gear Pump)”. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pranto Jeri, Gunarto, Fuazen dan Eko Sarwono, 2020.”Analisis

Kinerja Pompa Gear Pump Terhadap Kapasitas Aliran Minyak CPO

(Crude Palm Oil) Di PTPN. XIII Pks Rimba Berlian”. Universitas

Muhammadiyah Pontianak.

Hary Kurnianto, 2008.”Rancang Bangun Dan Uji Unjuk Kerja

Pompa Gear Pada Suhu Fluida 70 °C”. Fakultas Teknik Universitas

Diponegoro Semarang.

Aldi, Irwan Fauzan, Syadli Patruddin, 2020.”Rancang Bangun

Media Pembelajaran Pompa Roda Gigi Eksternal”. Politeknik

Bosowa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-09