PEMBERDAYAAN WANITA DALAM INDUSTRI PARIWISATA: MODEL BISNIS PENGEMBANGAN ZAT PEWARNA ALAMI BATIK DAN SUTERA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA

Authors

  • Nila Sartika Achmadi Politeknik Bosowa
  • Zulfitriany Dwiyanti Mustaka Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Agussalim Matti Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Luqman Saleh Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Muh. Irsan Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Siti Muriyana Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Muhammad Ashar Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.61141/home.v7i2.759

Keywords:

Pariwisata, Business Model Canvas, Zat Pewarna Alam, Limbah Pertanian, Pemberdayaan Perempuan

Abstract

Indonesia menghasilkan limbah pertanian dalam jumlah besar yang sebagian besar belum termanfaatkan secara optimal. Kondisi ini menjadi peluang strategis untuk menciptakan inovasi produk ramah lingkungan berbasis komunitas, sekaligus mendukung pariwisata melalui pengembangan zat pewarna alami untuk batik dan sutera. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model bisnis inovatif berbasis limbah pertanian menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini mengidentifikasi sembilan elemen penting dalam strategi bisnis: segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, mitra utama, dan struktur biaya. Fokus artikel ini adalah pada aspek bisnis yang mendorong pemberdayaan perempuan melalui komunitas produktif.

References

Andini Dian Widiawati, S. (2013). PEMANFAATAN SABUT KELAPA DAN PEWARNA ALAM INDIGOFERA SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF PADA PRODUK KRIYA.

Budiarto, A., Wijana, S., Kartikaningrum, W., Atikah, H., Fhikri, M., Pratama, Y., … Artikel, H. (2023). Info Artikel ABSTRAK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat |, 1(2), 123–130.

Hafizah, O. M., & Novrita, S. Z. (2023). PEWARNAAN ALAM BATIK STUDI KASUS DI RUMAH BATIK SAMPAN PESONA MINANG DESA SUNGAI KASAI KOTA PARIAMAN. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 12(2), 502. https://doi.org/10.24114/gr.v12i2.49960

Shenta, H. G. W. (2023). Optimizing Customer Segments of SMEs by Transforming Business Model Canvas. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(3), 204–217. https://doi.org/10.24123/jeb.v4i3.5712

Kementerian Perindustrian. (2024, July 15). Strategi Kemenperin Tingkatkan Keterampilan IKM Batik Gunakan Pewarna Alam untuk Gaet Pasar Gen Z. Retrieved 06/22/2025 from https://ikm.kemenperin.go.id/strategi-kemenperin-tingkatkan-keterampilan-ikm-batik-gunakan-pewarna-alam-untuk-gaet-pasar-gen-z#:~:text=Menurut%20Reni%2C%20penggunaan%20warna%20alam,komposisi%20bahan%20baku%20yang%20tepat.

Mariana, N., Prasetyo Utomo, A., Redjeki, R. S., & Santoso, D. B. (2021). PEMANFAATAN SABUT KELAPA SEBAGAI PEWARNA ALAMI BATIK BAGI MASYARAKAT KELURAHAN SEMBUNGHARJO KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG, 2.

Mario Saskara, P., & Moch Rizal, H. (2023). Pengembangan Business Model Canvas untuk Menciptakan Competitive Advantage Seabank Indonesia. Jurnal Impresi Indonesia, 2(1), 40–57. https://doi.org/10.58344/jii.v2i1.1921

Oetopo, R. A., Tridjata Suprabanindya, C., Despriliani, R., & Al Hazmi, F. (2021). PENERAPAN ZAT PEWARNA ALAMI LIMBAH ORGANIK KULIT RAMBUTAN (NEPHELIUM LAPPACEUM) PADA BAHAN KATUN DENGAN TEKNIK SHIBORI (TIE DYES) DAN BATIK, 5.

Rimadias, S., & Andriani, M. STRATEGI INOVATIF UMKM LULA PASTA DENGAN KEUNGGULAN GLUTEN-FREE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC).

Singkawang, S., & Barat, K. (2021). PENERAPAN PEWARNA ALAMI BIJI ALPUKAT PADA KAIN KATUN, 7(2).

Published

2025-06-30